Minggu, 05 Juni 2016

SAMBUT RAMDHAN WARGA DESA KARETAN LAKUKAN TRADISI GUGUR GUNUNG


Desa Karetan - Minggu pagi (05/06/2016) puluhan warga Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi berduyun-duyun sambil membawa peralatan kebersihan menuju TPU (Tempat Pemakanan Umum) Desa Karetan untuk menjalankan tradisi Gugur Gunung menjelang Ramadhan

Acara yang dilaksanakan rutin tiap tahun itu ditandai dengan membersihkan jalan menuju makam secara masal,  dimulai pukul 06.00 WIB, tiap warga berangkat dari rumah membawa alat masing-masing seperti cangkul, golok, sabit dan lainnya menuju ke area makam Desa Karetan. Pagi itu warga bersemangat membersihkan tepi jalan menuju makam dari semak belukar yang menggangu.

Kepala Desa Karetan, Gimo Purwoko mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tradisi yang dilaksanakan tiap tahun menjelang Ramadhan. ''Kegiatan Gugur Gunung seperti ini merupakan hal yang positif, karena sebentar lagi Ramadhan dan lebaran banyak warga masyarakat yang kebetulan diluar kota pasti akan pulang kampung untuk mengunjungi makam saudara atau orang tua yang sudah meninggal, kalau keadaan sekitar makam bersih tentu akan merasa nyaman dan kalau berdo’a akan semakin tenang,'' katanya.

Kegiatan yang sifatnya sederhana ini jelas memiliki nilai-nilai positif yang bisa dijadikan pelajaran. Gugur gunung mengajarkan kita bahwa kebersamaan dan kekeluargaan adalah hal penting yang harus selalu dijaga. Ibaratnya, pekerjaan sebesar gunung sekalipun bisa diselesaikan atau gugur jika kita mau bekerja bersama-sama.
Gugur gunung mengajarkan kita untuk mengerti makna ikhlas. Pasalnya, mereka yang mengikuti kegiatan ini jelas tak mengharapkan imbalan. Kemauan semata-mata hanya didasari rasa ikhlas dan kepedulian. Kita pun akan tersadar bahwa uang tak selamanya jadi yang utama.


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar